Pantai parangtritis lihat sunset yang romantis

Posted by PARIWISATA di JOGJA - -

pantai parangtritis indahPantai Parangtritis mempunyai pemandangan sunset yang indah dan fenomena alam gumuk pasir yang mendunia. Parangtritis juga memiliki pasukan Baywatch yang bertugas mengamankan pantai mengingat ombak di pantai ini sangat berbagaya. Pantai yang lekat dengan legenda Ratu Kidul, penguasa laut Selatan ini juga ramai dikunjungi wisatawan pada saat malam bulan purnama.

Pantai parangtritis adalah Pantai yang menjadi tujuan wisata paling popular di Yogyakarta. Pantai berpasir hitam ini mempunyai pemandangan sunset yang sangat bagus karena memiliki bibir pantai yang menghadap ke laut lepas. Selain pemandangan sunsetnya, Parangtritis juga terkenal dengan gumuk pasirnya, sebuah fenomena alam dimana angin dari laut mampu membuat dan memindah gundukan pasir di pinggir pantai.

Jangan datang ke pantai ini siang hari karena tentu saja cuaca sangat panas. Datanglah pada sore hari ketika matahari sudah mulai condong kea rah barat. Sambil menunggu sunset yang indah Anda dapat memesan kelapa muda segar yang baru dipetik untuk dinikmati sambil melihat deburan ombak pantai Selatan. Jika ingin mencoba pengalaman yang lain, Anda dapat menyewa sebuah bendi dengan seekor kuda untuk berjalan-jalan menyusuri pantai.

Di pantai ini juga sering ditemui para penjual jajanan khas seperti peyek jingking dan undur-undur goring yang rasanya cukup enak. Peyek jingking terbuat dari jingking hewan kecil berbentuk seperti kepiting yang hidup di pantai berpasirrlihat di pinggir pantai, sedangkan undur-undur adalah hewan kecil berbentuk semacam serangga yang berjalan mundur. Jajanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga murah.

parangtritis jogjaKeindahan pantai Parangtritis mungkin akan membuat Anda tergoda untuk berenang. Meskipun demikian Anda tidak boleh berenang di Pantai ini karena pengelola telah membuat aturan yang tegas bahwa siapa saja dilarang berenang. Pantai ini memang memiliki cekungan yang dalam di bibir pantainya, sehingga sangat berbahaya bagi terseret ombak karena berenang. Berjalan-jalan di pinggir pantai sambil bertelanjang kaki dengan sesekali terkena sapuan ombak dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi bila dilakukan berdua bersama kekasih yang Anda sayangi.

Selain larangan tersebut, pengunjung juga dihimbau untuk tidak menggunakan busana berwarna hijau atau merah, karena warna tersebut dianggap warna kesayangan Nyi Loro Kidul, legenda penguasa laut Selatan. Entah benar atau tidak, tetapi kebanyakan korban yang terseret ombak memakai busana berwarna merah atau hijau. Untuk itu Anda akan maklum melihat kesiapan Tim SAR Parangtritis dalam memantau pengunjung di pinggir pantai dari menara seperti yang ada dalam film serial baywatch.

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan sunset yang indah dari pinggir pantai ini. Selain sunset yang indah, Anda juga dapat mengambil foto obyek-obyek gumuk pasir yang memang menjadi fenomena khas Pantai Parangtritis dan telah menjadi obyek penelitian dari banyak ahli dari berbagai Negara. Gumuk pasir juga menjadi obyek menarik yang digunakan sebagai tempat untuk membuat video klip. Salah satu artis yang membuat vieo klip di sini adalah Agnes Monica dengan lagu yang berjudul “Matahariku”

parangtritisPantai Parangtritis juga ramai dikunjungi wisatawan pada malam hari, terutama pada malam bulan purnama. Kerlap-kerlip bintang dan terangnya cahaya bulan memang semakin indah dilihat dari sebuah pantai. Tidak jauh dari Parangtritis terdapat pemandian air hangat Parangwedang yang sumber air panasnya berasal dari panas bumi. Air dengan kandungan belerang ini dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit

Jika telah lelah berjalan-jalan, Anda dapat beristirahat di penginapan-penginapan murah yang banyak terdapat di sekitar Parangtritis. Hembusan angin laut dan suara deburan ombak akan menyertai Anda selama berada di pantai yang indah ini. Parangtritis dengan sunset dan gumuk pasirnya akan memberikan Anda sebuah perjalanan wisata yang mengesankan.

Pantai Parangtritis

Parangtritis Kretek Bantul

(30 Km ke arah selatan dari Kota Jogja)

Yogyakarta

sumber:http://www.kekotaku.com/id/tempat-wisata-yogya/pantai/90-pantai-parangtritis-yang-indah

Leave a Reply

Komentar Chat